Cara Membuat Lantai Semen Poles Untuk Hasil yang Maksimal

cara semen poles

Finishing lantai semen poles atau cement polished menjadi tren dalam arsitektur dan interior.

Lantai semen poles menghasilkan kesan natural dan apa adanya. Lantai semen poles dapat dipadukan dengan mebel desain modern yang minimalis dan warna yang mencolok.

Meskipun tampilan terlihat sederhana, Lantai semen poles tidak mudah proses pembuatannya. Memerlukan tukang yang berpengalaman dan bahan yang berkualitas baik.

Meski demikian apabila ingin memperoleh suasana ruang yang berbeda, lantai semen poles ini layak dicoba untuk diaplikasikan.

Untuk memperoleh hasil maksimal lantai semen poles agar tidak mudah retak-retak bahkan pecah, dapat mengikuti tips berikut ini :

Pemadatan Tanah

Untuk lantai yang berhubungan langsung dengan tanah perlu dilakukan pemadatan tanah dengan alat stamper. Setelah tanah padat, lapisi dengan pasir dengan ketebalan 5 cm.

Pembetonan Lantai

Lantai yang telah dipadatkan kemudian kita beton. Rabat beton dengan tulangan besi wiremesh M5 satu lapis. Untuk campuran beton bisa menggunakan 1 portland cement : 3 pasir : 5 batu split. Tebal dari cor beton ini adalah 8 cm.

Plesteran Semen

Jeda waktu antara pembetonan dan proses plesteran minimal selang satu hari setelah beton cukup kering. Langkah selanjutnya adalah plesteran dengan pasir extra beton dengan ketebalan 1,5 cm.

Campuran plesteran ini adalah 1 portland cement : 3 pasir. Gunakan kawat ayam, pasang di atas beton lantai dengan diganjal agar posisi terletak ditengah plesteran.

Pemakaian kawat ayam ini untuk mencegah retak plesteran.

Untuk memplester ini bisa juga anda gunakan plesteran semen instan. Anda hanya tinggal menuangkan air saja dan langsung dapat digunakan.

Pastikan hasil plesteran tersebut rata.

Acian Semen

Jeda waktu antara plesteran dan acian tidak boleh lama, setelah plesteran rata maksimal 1 jam berikutnya langsung tuangkan acian yang telah disiapkan. Proses ini dilakukan agar daya rekat ke plesteran baik atau monolit.

Apabila tidak menggunakan semen acian instan, anda bisa sendiri membuat semen acian menggunakan portland cement atau semen biasa.

Sebelum dicampurkan ke dalam semen, larutkan terlebih dahulu 1 kg lem putih dengan satu ember air. Agar lem putih ini dapat larut merata lebih baik gunakan mixer untuk mencampurnya.

Tuangkan semen kedalam ember sebanyak 3/4 ember, kemudian tuangkan air yang dicampur dengan lem putih sampai semen terendam.

Biarkan sejenak sampai hilang gelembung-gelembungnya. Acian siap digunakan.

Untuk memperoleh warna semen acian yang tidak terlalu gelap, dapat dicampur dengan semen putih. Jika anda menginginkan warna lain, gunakan semen warna untuk acian.

lantai semen poles

Teknik pengacian

Gunakan roskam untuk meratakan dan menghaluskan acian. Apabila kurang dari 20 menit setelah dihamparkan acian cepat kering berarti campuran acian kurang lembab sedangkan apabila lebih dari 30 menit acian belum kering, campuran terlalu lembab.

Gunakan sterofoam tebal dan spon untuk menggosok acian sebelum kering benar agar permukaan halus. Setelah minimal 3 hari acian kering, lantai dapat kita poles dengan mesin poles.

Gunakan jasa tukang poles lantai semen profesional agar hasil polesan maksimal. Proses poles lantai ini ada 11 tahapan dengan menggunakan diamod pad berbagai tingkat ukuran serta obat kimia. Biaya poles lantai ini mulai Rp. 75.000-/m2 luas lantai.

Untuk tampilan bisa sesuai dengan selera kita. Pilih mengkilap wet look atau matte agar berkesan kasar dengan menggunakan coating.

Lantai semen poles ini tidak bisa mencegah timbulnya retak rambut. Tetapi munculnya retak rambut ini menurut beberapa pendapat lebih memberi kesan natural.

Baiklah, selamat mencoba!

 

 

 

Sumber foto:

bspoke.net

apartmenttherapy

Disclaimer :
Penyebutan merek dalam artikel dimaksud bukan untuk diikuti. Merupakan contoh material yang pernah digunakan oleh penulis.

Sampaikan Komentar & Pertanyaan Anda di Ruang ini Ya. Terimakasih.