Karakter 10 Warna yang Bisa Menjadi Rujukan Memilih Warna Cat

karakter warna cat rumah

Seperti halnya manusia, warna memiliki karakter dan sifat yang membedakan satu dengan lainnya. Keunikan karakter warna ini memberikan efek visual dan emosi yang beragam terhadap orang yang melihatnya.

Warna yang beragam ini mampu mempengaruhi perasaan atau mood seseorang. Karakter warna ini ada yang bersifat membangkitkan semangat dan ada pula yang bersifat menenangkan.

Warna yang sesuai dengan kepribadian kita mampu membuat kenyamanan secara fisik, mental maupun spiritual. Warna dapat menyembuhkan dan menyeimbangkan emosi sehingga menciptakana keselarasan di dalam rumah.

Dalam psikologi, warna mampu berinteraksi dengan kepribadian kita. Tiap warna memancarkan frekuensi gelombang yang berbeda-beda. Istilahnya asosiasi warna. Dalam hal ini warna mampu menimbulkan emosi tertentu terhadap manusia yang melihatnya.

Dengan mengetahui sifat dan karakter masing-masing warna serta mmemahami asosiasi warna dengan mood, anda dapat memilih warna yang sesuai dan tidak terjadi salah pilih warna.

Karakter Warna

Warna Merah

Dapat membangkitkan energi, hangat, komunikatif, aktif, dinamis, antusias dan bersemangat. Meningkatkan aliran darah di dalam tubuh dan memiliki kaitan dengan ambisi.

Terlalu banyak warna merah bisa merangsang agresifitas dan kemarahan. Gradasi warna yang lebih muda yaitu merah muda (pink) termasuk ke dalam warna hangat dan emosional namun juga lembut, melambangkan kasih sayang dan perasaan cinta. Bisa berarti kekanak-kanakan.

Warna Jingga

Memiliki karakter yang mirip dengan merah tetapi lebih feminin dan bersahabat. Warna yang melambangkan sosialisasi penuh harapan dan percaya diri.

Dapat menimbulkan perasaan positif, senang, gembira dan optimis penuh energi. Tetapi bila berlebihan justru akan merangsang perilaku hiperaktif.

Baca juga ini : Tema Warna Cat Rumah yang Menarik

Baca juga ini : Tanpa Tukang, Begini Cara Mengecat Tembok Rumah

Warna Kuning

Merupakan warna matahari, cerah, membangkitkan energi dan mood. Warna yang penuh semangat dan vitalitas, komunikatif dan mendorong ekspresi diri.

Memudahkan berpikir secara logis dan merangsang kemampuan intelektual (cocok sebagai warna atau aksen di ruang belajar). Penggunaan warna kuning yang tidak tepat akan menimbulkan kesan menakutkan.

Warna Hijau

Warna ini selalu diasosiasikan dengan warna alam yang menyegarkan. Mampu membangkitkan energi dan juga memberi efek menenangkan, menyejukkan dan menyeimbangkan emosi.

Warna hijau ini elegan, menyembuhkan, mendorong empati terhadap orang lain. Dengan nuansa hijau meredakan stres, memberi rasa aman dan perlindungan. Namun apabila tidak tepat, warna hijau juga bisa menimbulkan kesan terperangkap.

Warna Biru

Termasuk dari elemen warna alam yakni air dan udara. Melambangkan keharmonisan dan memberi kesan lapang. Pemakaian warna biru dapat menimbulkan perasan tenang dan dingin.

Melahirkan perasaan sejuk, tenteram, hening dan damai. Warna ini juga diasosiasikan dengan kesan etnik dan antik. Terlalu banyak warna biru bisa menimbulkan kelesuan.

Warna Ungu

Warna ungu ini dekat dengan suasana spiritual yang magis, mistis dan misterius. Mampu menarik perhatian. Warna ini banyak digunakan bangsawan. Kesan yang ditimbulakan dari warna ini sensual, feminin, antik juga anggun.

Warna ungu yang gelap dapat memancarkan kekuatan, intuisi, fantasi dan imajinasi.

Warna Coklat

Merupakan warna netral yang natural, hangat, membumi dan stabil. Menghadirkan kenyamanan, memberi kesan anggun dan elegan.

Warna ini mampu memberikan ketenangan, bisa mendorong komitmen, rasa akrab (familiar). Namun bisa menjadi berat dan kaku bila terlalu dominan.

Warna Putih

Warna ini melambangkan hal yang murni dan polos. Memberikan perlindungan, ketentraman, kenyamanan dan memudahkan refleksi serta bersih.

Terlalu banyak warna putih bisa menimbulkan perasaan dingin, steril, kaku dan terisolir.

Warna Hitam

Merupakan warna terkuat dan penuh percaya diri, penuh perlindungan, maskulin. Kesan yang ditimbulkan elegan, megah, dramatis dan misterius. Tetapi warna hitam juga merupakan lambang warna duka dan dapat menimbulkan perasaan tertekan.

Warna Abu-abu

Termasuk warna yang dapat menciptakan kesan serius namun menentramkan dan damai. Warna ini tergolong warna yang netral. Kesan lain yang ditimbulkan adalah independen dan kestabilan serta kesan luas. Warna abu-abu ini juga bisa terkesan dingin, kaku dan tidak komunikatif.

Sampaikan Komentar & Pertanyaan Anda di Ruang ini Ya. Terimakasih.