Desain Rumah Modern Jepang: Perpaduan industrial dan sentuhan minimalis

desain rumah modern jepang

Selalu menarik mengikuti perkembangan arsitektur rumah modern jepang.

Desain rumah modern gaya arsitek negeri jepang ini layak dijadikan referensi. Mencari komposisi yang tepat antara gaya, fungsi ruang yang cerdas dan kenyamanan menjadi tantangan dalam mendesain rumah modern.

Pemecahan rekayasa struktur dan konstruksi yang digunakan untuk mengantisipasi cuaca yang buruk seperti hujan yang deras dan panas pada musim kemarau perlu dicermati.

Sehingga desain rumah modern tetap menciptakan lingkungan yang menarik dan bernilai seni. Rumah GO BANG! demikianlah nama yang diberikan oleh arsitek yang mendesainnya. Terletak di perumahan antara pabrik-pabrik dan sawah zona semi industri wilayah hujan salju Nagaoka, Niigata, Jepang.

Daerah yang mencirikan tempat industri inilah yang memberikan sentuhan antara gaya industrial dan estetika modern yang minimalis pada desain rumah modern jepang ini.

Layout Ruang

Didesain oleh Takeru Shoji, rumah 2 lantai ini memiliki desain rumah modern yang kompak.

denah desain rumah modern jepang

Lantai dasar terdiri dari ruang tidur utama, ruang tamu bergaya tradisional jepang dan ruang tidur cadangan. Sedangkan lantai atas merupakan ruang tempat berkumpul keluarga, kamar mandi dan pantry serta ruang menonton televisi yang terbuka.

view tangga dan jendela

Dari ruang atas ini dapat menikmati pemandangan taman luar berkat jendela kaca yang lebar.

Ada yang menarik dari layout desain rumah modern ini. Jika diperhatikan terdapat ruang terbuka sekeliling ruang inti, oleh masyarakat jepang ruang ini disebut “Doma”.

interior desain rumah modern

Doma inilah yang menciptakan sirkulasi dan interaksi antara ruang luar dan ruang dalam. Di Doma ini bisa difungsikan untuk menaruh sepeda motor, sepeda maupun perabot yang menarik. Menambah visual interior yang keren dilihat dari luar rumah.

selasar desain rumah modern

Eksterior

tampak belakang desain rumah modern

Rumah ini menempati tanah  dengan ukuran kurang lebih 15m x 20m. Luas tanah tidak dihabiskan untuk bangunan. Tanah pun tidak ditutup dengan beton yang masif.

Untuk menutup tanah ditaburi dengan batu kerikil agar senada dengan konsep desain rumah modern ini yang menggunakan beton poles untuk finishing lantai bawah. Air pun tetap bisa meresap ke dalam tanah.

Beberapa pohon ditanam dengan perletakan yang diatur agar tidak menghalangi view bangunan. Bangunan carport terpisah dengan lantai blok beton dan atap menggunakan sistem pergola.

Sedangkan jalan setapak untuk menghubungkan dengan rumah dibuat perkerasan dari beton yang dicetak.

Interior

Untuk mencapai visual interior yang sesuai desain rumah modern yang clean dan simple, model meubel dan furniture pun dipakai gaya yang sederhana.

rumah modern jepang

Tidak terlalu banyak penempatan perabotan. Televisi layar lebar digantung menempel pada dinding ruang.

Bahan parket dari kayu pada lantai digunakan agar ruang lebih soft dan tidak kaku. Perpaduan material alam yang dipakai dalam desain interior dapat melunakkan suasana ruang. Ruang dihiasi lampu gantung sederhana selain berfungsi sebagai sumber cahaya sekaligus sebagai penambah estetika.

Finishing dinding sebagian dilapisi plywood dengan ketebalan 24mm. Agar tercipta kontinuitas antara ruang yang berbeda, finishing plywood tersebut juga digunakan pada plafon ruang.

ruang tidur utama desain rumah modern

Benar-benar ide yang brilian.

Nah, bagaimana dengan anda? tertarik menjadikan referensi desain rumah modern jepang ini untuk kediaman anda?

Sumber : Modern Industrial Japanese Home

[Photography: Isamu Murai]

Sampaikan Komentar & Pertanyaan Anda di Ruang ini Ya. Terimakasih.